Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Percaya Diri?

Apakah Anda ingin menjadi blogger yang penuh percaya diri?

Beberapa waktu yang lalu saya mengobrol dengan seorang teman blogger, sebut saja namanya Jhon, dia menyampaikan unek-uneknya kepada saya:

"Mas, kenapa ya saya kok merasa selalu tidak pede. Saya merasa khawatir kalau apa yang saya tulis tidak cukup baik untuk dibaca. Apalagi kalau membaca artikel-artikelnya Mas Gee, saya merasa kecil mas. Akhirnya saya selalu menunda-nunda untuk mulai menulis. Saya terus saja mencari-cari tambahan informasi untuk bahan tulisan, berharap bisa menghasilkan artikel terbaik untuk blog saya".

Kemudian saya jawab, "Hmmm.... sama mas, saya pun demikian. Tapi, saya sama sekali tidak merasa tulisan-tulisan saya itu sempurna kok, belum apa-apa, tapi saya enjoy aja untuk menulis. Dan menurut saya, mas Jhon itu bukannya kurang informasi atau kurang bahan untuk membuat tulisan. Saya rasa mas tuh sebenarnya sudah memiliki semua yang dibutuhkan untuk menghasilkan artikel hebat. Saya lihat cuma satu masalahnya".

"Apa?", katanya.

"Kurang percaya diri", jawab saya.

Nah, dari obrolan di malam itulah saya mendapat inspirasi untuk membuat artikel ini. Saya yakin, Mas Jhon (sahabat saya tadi), tidak sendirian. Tidak sedikit blogger yang 'berjuang' mengatasi masalah yang satu ini, yaitu kurangnya rasa percaya diri.

Mengapa banyak blogger kurang percaya diri?
Saya kira bukan hanya para blogger pemula yang merasa kurang percaya diri, blogger senior pun (dalam kadar tertentu), saya yakin seringkali dihinggapi perasaan ragu juga rasa khawatir terhadap beberapa hal berkenaan dengan kegiatannya menjadi blogger. Begitu juga dengan saya, tidak terkecuali.

Masalah percaya diri ini, memang adalah masalah umum, terkait dengan keseharian dan dalam berbagai bidang. Namun, bagi seorang blogger ada alasan-alasan tertentu yang membuatnya semakin merasa tidak percaya diri.
  • Dengan perubahan terus-menerus dalam dunia blogging dan munculnya berbagai teknologi baru, membuat seorang blogger merasa ketinggalan informasi. Ini membuat banyak blogger kurang percaya diri.
  • Menulis artikel, adalah satu yang paling membuat seorang blogger tidak percaya diri, apalagi jika mereka merasa bukan seorang penulis yang baik.
  • Memperkenalkan diri serta mengemukakan ide kepada 'dunia', juga kerap menjadi hal yang cukup 'menakutkan', membuat seorang blogger merasa tidak percaya diri. Takut diejek, takut tulisannya tidak bagus, takut ditentang orang yang tidak sepaham, takut mendapatkan kritikan, takut dapat komentar miring dan sebagaiya.
Lalu bagaimana mengatasinya?

Untuk mengatasinya, saya hanya menyarankan Anda untuk selalu mengingat 3 hal:

1. Posting Anda sama sekali TIDAK harus sempurna
Dalam artikel saya: Cara Membuat Artikel yang Bagus, saya sangat menekankan hal ini. Bahwa jangan pernah menunggu waktu yang sempurna, keadaan sempurna, untuk mulai menulis. Karena memang, posting Anda tidak harus tampil sempurna.

Dalam percapakan saya dengan sahabat di atas, saya melihat bahwa Jhon ingin dan berusaha keras untuk menghasilkan artikel yang sempurna, yang justru malah membuatnya tidak segera menghasilkan satu tulisan pun! 

Ya, tentu saja semua blogger menginginkan bisa menyajikan konten terbaik dan sebaik mungkin. Tapi, juga bukan berarti kita terus menunda. Satu hal yang perlu disadari, kita tidak akan bisa menjadi 'sempurna' sejak hari pertama, bukan? Butuh waktu. Butuh proses. Butuh berlatih. Jadi, mulailah menulis saat ini juga.

Dan ingat, artikel Anda tidaklah ditulis di atas batu! Anda bisa, di kemudian hari, mengeditnya, merubah, menambahi, mengurangi, bahkan menghapusnya dengan mudah kapan saja jika Anda mau.

2. Anda tidak harus 'memuaskan' semua orang
Beberapa blogger begitu takut mendapatkan komentar negatif terhadap tulisan mereka. Hal ini membuat mereka berusaha membuat semua merasa orang senang, dengan cara tidak mengekspresikan pendapat dan apa yang dipikirkannya secara jujur. Lebih buruknya lagi, perasaan takut ini membuat seorang blogger selalu menunda-nunda untuk menulis, meskipun dia memiliki ide kreatif yang dia anggap tidak sependapat dengan orang kebanyakan.

Tidak perlu takut untuk berbeda pendapat. Katakan apa yang perlu Anda katakan. Nyatanya, Anda hanya akan menerima sedikit sekali komentar negatif dari orang lain.

Selama 5 bulan ini, sampai saat saya menulis artikel ini, blog PortalUang telah mendapatkan sekitar 1000-an komentar, tapi dari sekian itu seingat saya hanya 2 - 3 saja komentar yang agak 'miring'. Selebihnya lebih berupa percakapan yang membangun. Jadi, tidak perlu takut untuk mengekspresikan pendapat Anda sendiri, apalagi sampai membuat Anda kehilangan percaya diri.

3. Lebih baik menulis 'sesuatu' daripada tidak menghasilkan 'sesuatu'
Saya tidak jarang menemukan sebuah blog yang 'ramai' dan sukses padahal posting di dalamnya (paling tidak menurut saya) terlihat ditulis dengan 'tidak begitu baik', dengan desain yang juga 'tidak terlalu bagus'. Tapi, nyatanya mereka bisa sukses.

Disini terbukti, bahwa dengan tetap merilis konten baru secara konsisten, lalu belajar apa yang diinginkan oleh pembaca, dan menyajikannya ke hadapan mereka, sudah lebih dari cukup untuk membangun blog yang sukses.

Jauh lebih baik menulis posting yang 'cukup baik', dibandingkan terus berharap membuat artikel yang 'sempurna', namun hanya berakhir dengan riset, riset, tanpa pernah benar-benar mempublikasikannya.

Mungkin Anda merasa bahwa ketiga hal diatas sudah Anda kuasai dengan baik dan sudah menjalankannya dengan baik pula. Namun, jika Anda masih berada disini, membaca tulisan ini, maka bisa jadi Anda masih merasa tidak cukup percaya diri. Oke, mari kita lanjut.

Di bawah ini adalah 2 hal sederhana, tapi sangat berguna untuk memupuk dan menambah rasa percaya diri, hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini dan sampai seterusnya.

1. Ambil tindakan selangkah lebih maju
Coba pikirkan, satu langkah apa yang bisa membuat blog Anda lebih baik? Tergantung 'posisi' Anda sendiri berada dimana, mungkin Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
  • Tulislah halaman 'About me'
  • Publish artikel baru hari ini juga
  • Belilah domain top level domain untuk blog Anda.
  • Berkomentarlah di blog lain lebih banyak dari kemarin
  • Tanyalah pada beberapa teman tentang blog Anda, mintalah pendapat mereka
  • Tulislah sebuah artikel untuk blog lain dengan menjadi blogger tamu
  • ......... dan seterusnya, dan seterusnya.
Saya tahu melakukan tindakan terkadang butuh keberanian, tapi jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri sebagai blogger, Anda harus mengambil langkah maju yang selama ini mungkin belum Anda lakukan. (Jika Anda butuh teman 'curhat', silakan ajukan pertanyaan melalui komentar!) 

2. Lihatlah pencapaian Anda
Terkadang Anda merasa tidak percaya diri, karena ada 'jarak' begitu lebar antara keadaan Anda saat ini sebagai blogger, dengan kondisi ideal yang Anda impi-impikan.

Mungkin Anda melihat blog lain dengan pengunjung 10.000 per hari, sehingga Anda merasa blog Anda yang hanya memiliki 3 orang berlangganan melalui email sama sekali bukan sesuatu yang dapat dibanggakan. Tapi, cobalah ingat kembali ke waktu pertama kali Anda membuat sebuah blog. Dan lihat saat ini, betapa begitu banyaknya pencapaian yang telah Anda raih.

Inilah yang saya lakukan, saya membuat catatan khusus tentang apa saja pencapaian yang saya raih sampai hal sepele sekalipun. Saya kembali membukanya, pencapaian apa yang telah saya dapatkan dari blog PortalUang ini:
  • 20 Juni 2013. Saya membuat blog ini (PortalUang bukan blog pertama saya)
  • Juli 2013. Target menulis satu hari satu artikel tercapai. Rank Alexa di bawah 1 juta tercapai. Mendapat komentar pertama. Mendapat share pertama.
  • Agustus 2013. Mempublikasikan 100 artikel tercapai. Mendapat komentar ke-100 tercapai. Rank Alexa di bawah 500 ribu tercapai. Trafik 1.000 / hari tercapai (meskipun untuk beberapa waktu kemudian trafik sempat turun drastis, lalu kemudian naik lagi dengan pesat)
  • September 2013. 100$ pertama dari PortalUang tercapai. PV ke 100.000 tercapai.
  • November 2013. Dapat 1.000 komentar tercapai. 100 pelanggan tercapai.
Ini adalah riil. Pencapaian nyata. Memang, pencapaian ini bukanlah pencapaian hebat dan luar biasa, hanya sepele. Bahkan mungkin bagi blogger lain bukanlah apa-apa. Tapi sungguh, bagi saya itu adalah hal yang luar biasa. Ini membantu saya mempertahankan rasa percaya diri.

Nah, sekarang coba lihat diri dan blog Anda sendiri. Lihat betapa banyak pencapaian yang telah Anda raih. Itu semua harusnya membuat Anda bangga dan percaya diri. Untuk hal ini Anda tidak perlu membandingkannya dengan blog milik orang lain, cukup lihat betapa Anda banyak mengalami kemajuan sebagai seorang blogger, sehinga tidak ada alasan bagi untuk tidak merasa percaya diri.

Jika Anda hanya mau mengambil satu poin saja dari tulisan ini, cukup ingat satu hal: Anda tidak sendirian! Hampir setiap orang mengalami masa-masa dimana dirasuk keraguan, kehilangan kepercayaan diri, bahkan seorang blogger paling hebat sekalipun! 

Tapi, dengan mengambil tindakan kecil yang selangkah lebih maju, Anda dan blog Anda akan berkembang seiring dengan rasa percaya diri Anda yang semakin meningkat. Keep happy blogging with all confident!

Salam.

Daftar Bacaan

Popular Posts