Berapa Banyak Trafik yang Anda Butuhkan Untuk Menghasilkan Uang?

Ini adalah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman kepada saya, selain 4 pertanyaan tentang blogging yang paling saya benci, karena tidak bisa saya jawab.

Berapa sebenarnya trafik yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan uang dari blog?

Memang itu adalah pertanyaan yang sangat menarik, yang ingin diketahui oleh banyak sekali blogger yang baru saja memulai blog mereka, dan berancang-ancang untuk mendapatkan uang dari blog. Namun, haruskah saya sampaikan kepada Anda sedari awal tulisan ini bahwa tidak ada jawaban yang benar terhadap pertanyaan ini, ataukah saya sampaikan di akhir nanti?

Ya, baiklah. Saya memilih mengatakan sekarang. Biar saja, mungkin Anda membenci saya, karena kecewa. Tapi, saya sampaikan hal ini adalah untuk 'kebaikan' Anda. Hehehe.....

Apakah cukup membantu Anda sebagai gambaran, kalau saya katakan, bahwa salah satu blog saya yang mendapatkan rata-rata pageview per hari sebanyak 10.000, hanya mampu menghasilkan tidak lebih dari $200 per bulan? Saya berani katakan: sama sekali tidak! Kenapa? Karena memang tidak bisa dijadikan pijakan.

Semua adalah RELATIF

Banyak dan sangat banyak faktor yang mempengaruhi seberapa besar penghasilan Anda dari blog. Di antaranya, darimana pengunjung Anda berasal, apa niche blog Anda, tata letak dan desain blog, pengiklan yang bekerja sama dengan Anda, produk yang Anda juga dan masih banyak dan banyak lagi lainnya.

Mari kita ambil contoh, Google Adsense, karena ini cara paling umum mendapatkan uang dari blog. Penghasilan Adsense berdasarkan jumlah klik yang Anda dapat. Untuk setiap klik Anda mendapatkan sejumlah nilai uang. Nilai klik ini sangat bervariasi, tidak sama, dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Dari pengalaman, saya mendapatkan mulai dari $0,01 sampai $2 per klik, di hari yang sama, dan di blog yang sama. Ini tentu saja adalah sebuah perbedaan yang sangat jauh!

Hal lainnya yang sangat bervariasi adalah CTR. Hari ini Anda mendapatkan 2%, besok 4%, besoknya lagi hanya mencapai 1,5%.

Sudah ada gambaran? Pertanyaan favorit: berapa banyak trafik yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang, rasanya tidak relevan lagi sekarang, bukan?

Pendekatan yang benar
Oke, saya mulai mengerti. Tapi kapan waktu terbaik untuk memontisasi blog saya?

Saya pernah menulis tentang: kapan waktu yang tepat untuk memonetisasi blog. Di situ saya sampaikan bahwa tidak ada yang salah, jika Anda sedari awal membuat blog sudah dioptimalkan untuk menghasilkan uang. Namun semua pilihan ada sisi baik dan buruknya. Semua tergantung pilihan Anda sendiri.

Namun secara umum, banyak blogger menyarankan agar Anda perlu membangun dulu pertumbuhan trafik yang signifikan, terutama mereka yang mengunjungi kembali blog Anda. Atau setelah mendapatkan jumlah pelanggan baik melalui email maupun melalui RSS. Berapa jumlah tepatnya? Tidak ada angka yang pasti.

Saran terbaik yang bisa saya sampaikan adalah, cobalah untuk membangun kredibilitas, kepercayaan, tunggu sampai sedikit banyak Anda mendapatkan apresiasi dari pembaca Anda. Setelah itu bertahap Anda mulai memonetisasi blog. Berpikirlah bahwa blog Anda adalah aset dan bisnis jangka panjang.

Berilah dulu, baru meminta
Ini prinsip hampir dalam setiap hal. Jika ingin menerima, Anda harus memberi lebih dulu. Bangun dulu reputasi. Buatlah konten gratis untuk pembaca Anda. Tulislah ebook dan berikan kepada pembaca dengan cuma-cuma. Orang tidak akan mau membayar sesuatu dari orang yang belum memiliki otoritas.

Saya suka mengumpamakan blog seperti sebuah software versi trial. Berapa lama waktu trial tersebut, terserah, bisa 2 bulan, 6 bulan, mungkin juga 2 tahun?

Giliran Anda berbicara
Saya sangat menyukai jika Anda mau berbagi pengalaman tentang topik ini. Berapa lama Anda butuhkan untuk menghasilkan $1000 pertama dari kerja online? Bagaimana reaksi pembaca setia Anda pada saat pertama kali Anda memasang iklan di blog Anda?

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Daftar Bacaan

Popular Posts