8 Pencapaian Blogging yang Membanggakan dan Layak Dirayakan

Mungkin Anda memiliki goal atau sebuah impian besar dalam mengelola sebuah blog.

Mungkin Anda berniat menjalani profesi sebagai full-time blogger. Atau punya impian dikenal sebagai seorang ahli di bidang yang Anda geluti dan banyak impian-impian lain yang gantungkan melalui blog Anda.

Namun, impian-impian tersebut seringkali tampak masih begitu jauh. Jalan menuju kesana masih terasa amat panjang. Dan bagi kebanyakan blogger untuk menggapai itu semua mungkin butuh berbulan-bulan atau bahkan mungkin bertahun-tahun lamanya.

Nah, daripada kita membayangkan impian besar yang terasa masih jauh tersebut, kenapa kita tidak fokus melihat pencapaian-pencapai yang sudah diraih saat ini? Dengan begitu, seperti yang telah saya singgung dalam tulisan sebelumnya, yaitu cara meningkatkan percaya diri sebagai seorang blogger, dapat amat membantu memupuk rasa percaya diri. Dengan penuh rasa percaya diri itu, diharapkan mampu mempercepat Anda meraih berbagai impian dan goal jangka panjang.

Di bawah ini, saya menulis 8 pencapaian, yang menurut saya, patut dan layak dirayakan dan Anda berbangga dengan itu semua. Inilah pencapaian tersebut:

1. Akhirnya blog Anda 'mengudara'
Ada begitu banyak orang memikirkan tentang blogging, membicarakan tentang blogging, berniat membuatnya, memimpikan menjadi blogger sukses, tapi nyatanya mereka tidak pernah memulai membuatnya. Hanya berencana dan berencana.

Memutuskan untuk membuat blog dan segera melaksanakannya, bisa menjadi hal yang sulit dan penuh pemikiran. Kemudian Anda mulai merancang desain, belajar seni blogging, belajar sisi teknis, dan sebagainya. 

Benar-benar sebuah perjuangan tersendiri ketika pertama kali Anda membuat blog Anda. Jadi, begitu blog Anda berhasil 'tayang dan mengudara', itu adalah sebuah langkah penting, dan tentu saja itu adalah hal hebat! Anda layak berbangga kini Anda sudah memiliki blog!

2. Menulis dan mempublish posting kedua
Pertama kali blog Anda online, menulis postingan pertama tidak terlalu menguras pikiran. Anda bisa saja menulis untuk memperkenalkan diri, siapa diri Anda, menulis tujuan mengapa Anda membuat blog tersebut, dan sapa salam untuk pembaca.

Posting kedua, ini lebih sulit! Saya sering melihat sebuah blog hanya berisi satu postingan saja, selamanya! 

Jika Anda telah berhasil membuat postingan kedua, itu menandakan Anda telah siap menjadi seorang blogger sejati. Anda siap membuat posting ketiga, keempat, keseratus, keseribu.... Dan ini adalah hal hebat lainnya yang telah Anda capai.  Selamat!

3. Mendapat pengikut pertama
Mungkin Anda telah mendapatkan cukup banyak trafik dari sosial media atau dari teman-teman di forum. Tapi, begitu Anda mendapatkan pembaca yang berlangganan artikel Anda, itu berarti Anda telah berada di jalur yang benar. Ini adalah istimewa, karena artinya, Anda telah mencuri perhatian pembaca. 

Jika seseorang memutuskan untuk mengikuti update blog Anda baik melalui RSS ataupun melalui email, saya berani memastikan bahwa mereka menyukai apa yang mereka temukan di blog Anda. Tentu saja ini pantas dibanggakan.

4. Mendapat komentar pertama
Di minggu-minggu pertama ngeblog, mungkin Anda merasa hanya menulis, menulis, dan menulis, tidak ada orang yang membacanya. 

Tapi, begitu Anda mendapatkan komentar pertama, itu adalah bukti bahwa paling tidak ada satu orang, yang bukan saja membaca, tapi juga tertarik dan menikmati tulisan Anda. Sungguh sangat menggembirakan, bukan?

Jika, sampai saat ini Anda masih merasa kesulitan mendapatkan komentar masuk, baca: mempermudah orang berkomentar, juga pelajari membuat call action di setiap artikel.

5. Mendapat share pertama
Sekali Anda sudah 'memiliki' pembaca, maka hanya soal waktu sampai ada seseorang (selain Anda sendiri, hehe...) yang men-share postingan Anda di Facebook, Google+ dan sosial media lainnya.

Jika itu telah terjadi, maka satu bukti lagi bahwa Anda telah meramaikan jagat perbloggingan dengan konten Anda yang menarik perhatian.

Untuk mempercepat Anda mencapainya, sekaligus mempermudah orang untuk membagikan posting Anda, pastikan Anda memiliki tombol share di setiap halaman. Pilih 2 - 3 yang paling Anda pakai secara intens. Itu jauh lebih baik daripada memasang selusin tombol share dari banyak sosial media sekaligus.

6. Mendapat link pertama
Ketika untuk pertama kalinya blogger lain memberi link ke blog Anda, itu sebuah bukti nyata bahwa Anda telah melakukan segala sesuatunya dengan benar. Link tersebut bisa dari Daftar Blog (blogroll), dari posting review mingguan atau bulanan, atau bisa dari artikel mereka, yang menyebutkan betapa mereka menikmati blog Anda.

Memang, Anda bisa mempercepat hal ini, yaitu mendapatkan link, dengan cara bertukar link sesama blogger. Namun, itu bukanlah sesuatu yang istimewa, mereka menaruh link Anda di blog mereka bukan atas dasar kemauan sendiri atau karena benar-benar menikmati konten Anda. Satu hal perlu diingat, bahwa bertukar link terlalu sering, akan membuat blog Anda 'jelek' di mata Google dan bahkan bisa kena penalti.

7. Mendapat email 'terima kasih' dari pembaca
Mendapat komentar masuk, adalah hal hebat. Tapi, adalah satu hal yang sangat spesial ketika Anda pembaca yang mengirimkan email langsung kepada Anda untuk sekadar mengucapkan terima kasih atapun menanyakan sesuatu.

Ini berarti Anda telah memberi pengaruh besar kepada pembaca Anda. Mungkin saja tulisan Anda telah membantu orang untuk keluar dari kesulitan yang mereka hadapi. Mungkin artikel Anda mampu memberi semangat dan inspirasi. Apapun itu, yang jelas Anda telah membuat suatu perbedaan, dan sungguh itu suatu yang sangat membanggakan.

8. Mendapat dolar pertama
Meskipun Anda tidak berniat menghidupi diri dari blog, tapi paling tidak Anda ingin mengganti 'uang lelah' atau untuk membayar hosting dan domain. Hari dimana Anda mendapatkan uang pertama kalinya dari blog Anda (meskipun hanya 1$!), adalah sesuatu yang menyenangkan.

Jika, Anda masih belum pasti mengenai mendapatkan uang dari blog, baca: cara mendapatkan uang dari blog, dan lihat beberapa peluang untuk menghasilkan uang.

Nah, bagaimana dengan Anda? Pencapaian mana saja dari 8 hal di atas yang telah Anda raih? Dengan mengapreasi pencapaian diri sendiri, akan membuat Anda makin percaya diri dan tetap semangat menjadi blogger.

Apakah Anda memiliki goal yang saat ini belum tercapai? Bagikan melalui komentar, saya senang sekali untuk mendengarnya.

Salam.

Daftar Bacaan

Popular Posts