Membuat Ukuran Unit Iklan Adsense Semau Kita

Konon, dulu hanya pemilik akun adsense premium yang diberi keleluasaan membuat ukuran iklan sendiri. Tapi sekarang, tidak lagi. 

Anda bisa membuat unit iklan adsense khusus, guna menyesuaikan dengan desain blog Anda sehingga tampil lebih baik dan lebih rapi. Tapi memang, saya masih belum banyak melihat para blogger menggunakan ukuran khusus ini, mereka lebih memilih ukuran standar yang memang cukup banyak disediakan.

Namun, tidak ada salahnya saya mencoba membuat satu unit iklan ukuran khusus ini. Saya buat sebuah unit dengan ukuran 600 x 60, ditempatkan di bawah posting seperti Anda lihat. Sebelumnya saya menggunakan ukuran 468 x 60, yang tidak memenuhi lebar halaman posting, karena lebar halamannya sendiri adalah 600. Anda bisa lihat seperti ini:

ukuran iklan khusus adsense lebih pas

Anda lihat, secara desain memang tampak lebih rapi. Jadi, jika memang Anda membutuhkan ukuran iklan yang tidak tersedia dari ukuran standar yang disediakan, Anda bisa membuat ukuran sesuai keinginan agar lebih pas dengan desain blog Anda.

Bagaimana cara membuatnya?
Caranya sangat mudah, sama seperti membuat unit iklan biasanya. Hanya kali ini pada menu pilihan Ukuran iklan, pilih Ukuran iklan khusus.


Lalu tentukan ukuran lebar dan tinggi unit iklan yang Anda inginkan. Hanya saja, Anda beberapa ketentuan dalam menentukan ukuran ini:
  • Ukuran lebar antara 120 - 1200
  • Ukuran tinggi antara 50 - 1200
  • Hanya salah satu dimensi yang boleh lebih besar dari 300
Apakah berkinerja lebih baik?
Entahlah, saya sendiri belum memiliki data karena baru saja memasangnya belum lama ini. Dalam 1 bulan ke depan saya akan bagi hasilnya kepada Anda.

Memang, jika dilihat dari sisi desain, dimana pastinya lebih sesuai dan menyatu dengan desain blog Anda secara khusus, mestinya akan lebih bagus. Namun demikian, Google sendiri mengingatkan bahwa, ukuran khusus ini mungkin memiliki inventori lebih sedikit pengiklan, sehingga dapat berimbas terhadap pendapatan.


Jadi kesimpulannya, kembali bergantung kepada Anda. Apakah Anda ingin mencobanya hari ini juga?

Atau memang Anda telah menggunakannya? Bagaimana hasilnya? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Daftar Bacaan

Popular Posts